Alhamdulillah,
Puji syukur kami
persembahkan kepada ALLAH SWT yang maha pengasih – lagi maha penyayang,
atas segala limpahan rahmat dan diberikannya saudara-saudara baru di
bengkel R.A.T
Semakin lama,
ternyata memodifikasi skuter matic sangat mengasyikkan, ada tantangan
tersendiri yang membuat adrenalin lebih terpompa. Apalagi bila berbicara
tentang yamaha mio, tahu sendiri sudah banyak tersedia part aftermarket
di speedshop, tentu kita harus pandai-pandai memilih dan
mengkombinasikan apa yang PERLU kita pakai dan tidak.
Kali ini, seorang
perwira kepolisian, datang ke bengkel untuk melakukan Bore UP, mr.Q. Ia
mengeluh mio standardnya dirasa belum mencukupi apa yang dibenaknya akan
sebuah tenaga, jika di gas mendadak, suara mesinnya malah hhhoo00kk,,,
ambless,, gasingan RPM mendayu, tidak mau teriak kencang. Kami beri
solusi : hal utama yang harus dibenahi ada di pengerjaan kepala silinder
dan blok silinder, sebagaimana rekan-rekan yang dari luar pulau jika
ingin modifikasi di R.A.T cukup mengirimkan kedua bagian itu saja.
mr.Q menginginkan
yang terbaik bagi mio nya, maka kami menyarankan yang terbaik pula,
berbelanjalah ia cylinder blok bore up TDR di mitra2000, dengan diameter
piston 58.5 milimeter, tipe permukaan piston FLAT, kali ini kami ingin
belajar ilmu baru, low kompresi tapi kencang!! Belanja dibarengi
dengan pembelian CDI NEO HYPERBAND keluaran BRT Cibinong. Dinamo starter
TDR untuk mesin bore-up tak lupa diangkut pula. Sudah mas,, cukup… rem…
hahaha Keenakan shoping lagi tar… Roller, pir CVT, dll gimana ??? Ga
usah beli, cukup standardnya, bukankah kita sedang ingin membuktikan
kedahsyatan gabungan antara jantung TDR, dan racikan cylinder head RAT,
hehehe… siapa tahu TDR berminat ga perlu kirim mesin ke thailand, cukup
bekerja sama dengan mekanik sidoarjo untuk mengembangkan mio kencangnya
^_^ sedappp…
Tiba di bengkel,
mesin mio langsung di pereteli, knalpot di lepas, dikirim ke SAHEK
Knalpot, ahli bedah knalpot rekan kita, beliau sudah paham karakter
motor kita dan bagaimana kita memodif. Head silinder dilepas, alamak…
ini tumpukan kerak lebih banyak daripada wajan di dapur rumah… hedewww
parah deh mengerikan Jangan meremehkan timbunan kerak di ruang bakar,
sama seperti sembelit, tiap hari motor kamu membawa kotoran kemana-mana,
dan ini berarti tidak sehat sudah kinerjanya, kerak dapat memicu pre-ignition,
apa itu?? Dikarenakan banyak ledakan bertubi-tubi terjadi di dapur
pacu, bisa jadi kerak ini membara, dan saat campuran udara/bahan bakar
dikompresikan piston, mereka ternyalakan lebih dulu oleh bara api kerak
ini, bukan oleh busi, terjadilah pembakaran dini. Dan saat busi
benar-benar pada saatnya menyala terjadi pembakaran ganda bertabrakan,
bayangkan kekacuan ini terjadi terus menerus, tinggal tunggu waktu
sebelum mesin benar-benar hancur. Bukankah kebersihan sebagian dari
Iman?!
Ini tugasnya
bocah-bocah PKL di bengkel suruh menghilangkan kerak di kubah ruang
bakar, sementara mas-mas nya pesen kopi dulu n rokokan Sembari memasang
cylinder blok ke dalam crankase. Di ikat pen kuat, mengukur
deck-clearance piston, ternyata saat TMA piston masih terpendam 1,6
milimeter. Belum tertambah paking cylinder head, alamak… Rendah sekali
kompresinya, ini yang kita butuhkan, dan ini juga belum cukup.
Kubah ruang bakar
kita desain mengacu pada ilmu motor dua tak yang dipelajari dari buku
Two Stroke Performance Tuning, tulisan Graham Bell, serta telah
dipraktekkan pada motor yamaha F1zr drag yang kita buat Mesin matic
kebanyakan tidak mampu melejit hingga RPM tinggi ( diatas 10,000 RPM ) ,
apa buktinya? Pernah dengar mesin mio teriak sampai menyentuh limiter?
Sebenarnya pembelian CDI Racing tidak mutlak perlu, namun demi mengejar
putaran bawah lebih kuat kami percaya karakter CDI BRT mampu
menyempurnakan ubahan yang telah kita lakukan pada mesin. Oleh karena
itu kita harus pasti menentukan konsentrasi tenaga di puncak RPM, serta
penentuan puncak Torsi di motor matic ini, jangan asal-asalan, bisa
membawa bencana
Proses milling head
kita dibantu oleh Cak Boi, dari bengkel bubut BOIRENG di bilangan
kendangsari, Surabaya, beliau adalah engineer senior di kancah balap
drag, yang juga sempat membidani motor Sport Drag terkencang di
Indonesia. Belajar ilmu low compression dari beliau sungguh menarik,
bahwa kita tidak perlu membuat ruang bakar yang begitu padat dan sempit
jika hanya untuk mengejar kompresi, diingatkannya bahwa kita kan bisa
mendesain kompresi dari noken as tanpa menyakiti ruang bakar.
Dicontohkannya mesin special engine, yang memang didesain khusus
kompetisi aja kubahnya biasa kayak mangkok, pistonnya FLAT datar.
Pembagian ruang bakar
dan squish mengacu kekuatan mesin di putaran rendah , dibawah 8,000
RPM, hasil olah perhitungan kami dapatkan head kudu di serempet mata
pisau bubut0,5 milimeter, kemudian dilanjutkan pembentukan squish 12
derajat dengan radius 58 milimeter. Hal ini bukan bertujuan menaikkan
kompresi, justru menurunkannya karena kita melebarkan squish ruang
bakar. Namun, kami yakin dorongan kompresi oleh piston akan lebih
terfokus ke pusat tengah-tengah kubah ruang bakar untuk menghasilkan
ledakan optimal, apalagi ditambah pengapian lebih advance.
Pengaturan geometri
desain dan ukuran porting adalah spesialisasi R.A.T, mengukur panjang
langkah stroke mio, dibandingkan piston, serta kecepatan gas, maka
didapatkan determinan ukuran lubang masuk sesuai hentakan torsi dimulai
di 1,500 RPM memuncak dipuncak 5,500 RPM dan puncak tenaga di 7,500 RPM.
Kali ini kita memakai teori baru untuk pengembangan mesin kita, belajar
dari mr. David Vizard, tehnisi dunia yang sering menangani balap
NASCAR, kita aplikasikan pada motor anda, mantap bukan?! Mau punya
modul petunjuk dasar cara porting? bisa kontak 085645577007 sekalian
modul cara papas noken as, beihhh mantep dah buat bekal ilmu korek…
Ada lima aturan utama dalam porting head yang dianjurkan beliau :
1. Tentukan area terpenting dimana hambatan paling besar, kerjakan lebih dahulu
2. Usahakan membiarkan udara bergerak sesuai kehendaknya, bukan sebagaimana yang menurut kehendak kamu.
3. Udara lebih berat dari yang kamu pikirkan. Jagalah kecepatan udara didalam porting.
4. Gerakan campuran udara ( Menggulung ataupun memuntir ) sangat penting!!
5. Bentuk sangatlah penting — finishing mengkilat tidak penting!!
Oleh karenanya desain
mio bore up kali ini kita pakai Asymetrical porting, kata pakde ibnu
sambodo, ini porting kepala kobra hehehe… tapi lebih sangar buatan kita,
lebih abstrak! Lebih berbias, uuhhh.. muantep wis pokoke…Kita fokuskan
geometri porting di salah satu sisi lebih meliukkan udara ke arah busi,
area porting lebih dari 100 % diameter klep in untuk mengimbangi
jantung dapur pacu yang membengkak. Kelokan ini akan meciptakan udara
yang berpusara (swirl) di ruang bakar sehingga mampu mengurangi resiko
kecenderungan detonasi, apalagi mesin kita low compression. Bensin
premium masih bisa, mesin relatif dingin.. aihhh.. sadaapp… Porting
buang kami desain besar untuk melepas gas buang secara maksimal dan
membuat putaran RPM lebih ringan.
Noken as, inilah
kuncian mesin 4 tak yang harus dihajar, terakhir namun paling penting,
penambahan lift 12 % dari standard, durasi tidak jauh beda standard,
kompresi dinamis mesin menjadi lebih tinggi, diatur dari posisi katub
inlet yang menutup lebih dini, sehingga saat langkah kompresi tidak
terjadi kebocoran sedikitpun. Exhaust opening pun dibuat lebih dini,
meringankan kinerja langkah usaha. Semua desain phasing timing ini siap
menghantarkan mesin dikebut hingga full gassss… Finishing yang sangat
halus, inilah noken as street performance ala R.A.T yang melegenda
hehehe… mesin semakin terasa padat di putaran tinggi, tanpa harus
kehilangan torsi diputaran bawah untuk meluncurkan motor kamu di jalan
raya.
Karburator standard,
pilot jet dan main jet disesuaikan ulang lewat jarum rojok hehe..
Knalpot standard bobokan by Sahex, semua ruang CVT standard, busi juga
standard, koil standard, namun hasil perkawinan antara TDR dengan R.A.T
ternyata mampu melahirkan monster kecil jalan raya Wah jadi kecanduan
Matic nih… hehehe…
Apa sih yang hal yang
membahagiakan dari menjadi seorang mekanik, ketika motor sudah diambil
di siang harinya, dan mendapatkan sms dari pemilik motor di sore harinya
saat kita selesai menyapu bengkel
0 komentar:
Posting Komentar